• May 6, 2021

Kompas Moral

Memiliki sikap teguh dalam mempertahankan prinsip nilai-nilai moral, dan senantiasa melakukan hal yang benar dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan.Itu adalah sifat kepribadian yang layak dikagumi, karena hal itu pula berarti seseorang memiliki kompas moral yang tepat arah. Secara harafiah berarti memiliki keutuhan karakter. Jika kita mencoba untuk mendifinisikannya dalam kata, itulah integritas! Sebuah kata yang kita dengar hampir disetiap kesempatan, akan tetapi sayangnya bukan yang dimiliki dan dikelola oleh kebanyakan orang.

​Integritas merupakan salah satu atribut penting yang harus dimiliki seseorang. Suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan, nilai, metode, prinsip, dan berbagai hal yang terkait dengan kepatutan.

​Integritas menjamin kualitas keadilan pribadi yang kita semua cita-citakan – kecuali Anda seorang durjana yang tidak jujur dan tidak bermoral. Memiliki integritas berarti melakukan hal yang benar dengan cara yang dapat diandalkan. Itu adalah sifat kepribadian yang kita kagumi, karena itu berarti seseorang memiliki dan mengandalkan kompas moral yang tidak goyah. Dengan berpedoman pada kompas moral akan mengunci nilai-nilai luhur Anda dan membuat Anda hidup selaras dengannya. Kompas moral merupakan fondasi karakter. Seseorang yang memiliki dan berpegang pada kompas moral pasti memiliki karakter yang tidak bercela dalam setiap bidang kehidupannya.

Tanpa kompas moral, kemungkinan besar Anda akan membuat keputusan tanpa memikirkan konsekuensi dari tindakan Anda. Sebaliknya dengan kompas moral, Anda akan lebih mudah melawan godaan melalui pengambilan keputusan berdasarkan prinsip. Dengan kata lain, pilihan Anda akan didasarkan pada nilai-nilai yang Anda yakini benar daripada pada apa yang paling mudah dilakukan saat ini.

Kompas moral membantu memberikan standar objektif untuk membantu kita masing-masing mendefinisikan dan mengatasi kelemahan etika atau moral kita. Intinya, kompas moral membantu kita mendefinisikan perilaku seperti apa yang benar dan salah dalam hidup kita.

Jika semua orang memiliki integritas yang berpedoman pada kompas moral, maka kebajikan lainnya akan hampir tidak berguna. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan karakter yang kuat.

Babedoo

o Inspiratif
o Psikologi
o Tentang Kami